Taman Safari Bogor Review – Lokasi, Wahana, Fasilitas & Tiket 4/5 (1)

Anda yang berdomisili di sekitar kawasan Jabodetabek mungkin sudah sangat akrab dengan tempat wisata yang satu ini: Taman Safari Bogor.

Obyek wisata ini merupakan salah satu ikon wisata alam kebanggaan Indonesia yang terkenal sejak lama dan banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri setiap tahunnya.

Berkonsep wisata alam dan margasatwa, Taman Safari Bogor menyuguhkan perpaduan wisata keluarga, wisata fauna dan keindahan alam serta udara pegunungan yang sejuk.

Taman Safari Bogor

Berinteraksi Langsung dengan Satwa di Taman Safari Bogor

Sebagai wisata fauna, Taman Safari berbeda dengan kebun binatang biasa. Yaitu: hewan-hewan koleksinya tidak dikandang, dan dibiarkan berkeliaran bebas.

Pengunjung diajak berkeliling dan untuk berinteraksi dengan mereka seakan-akan berada di habitat aslinya, menggunakan kendaraan pribadi maupun yang sudah disediakan oleh TSI.

Seperti apa istimewanya obyek wisata ini, mari ikuti Taman Safari Bogor review kami sebagai berikut:

Lokasi Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor atau nama resminya adalah Taman Safari Indonesia 1 berada di Jalan Raya Puncak Nomor 601, desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Oleh karenanya sering juga disebut dengan Bogor Zoo.

Seperti kamu tahu, di Bogor ini (Kabupaten dan Kota) ada beberapa wisata bertema taman atau kebun yang terkenal, yaitu: Kebun Raya Bogor dan Taman Buah Mekarsari.

Berada di kaki Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 900 – 1800 mdpl membuat Taman Safari Bogor memiliki udara sejuk khas pegunungan.

Selain Bogor, ada beberapa Taman Safari lain di Indonesia, yakni Taman Safari Prigen atau Taman Safari Indonesia 2 di Jawa Timur dan Bali Safari & Marine Park (BSMP) atau Taman Safari Indonesia 3.

Mereka berada dalam satu grup manajemen yaitu Taman Safari Indonesia.

Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor

Rute Taman Safari Bogor

Untuk mencapai Taman Safari Bogor, para pengunjung bisa menggunakan beberapa rute yang mudah diakses, baik dari arah Jakarta maupun dari Arah Bandung.

Namun karena berada di lokasi macet, terutama pada saat wiken, Kamu harus sedikit bersabar.  Nah, berikut ini beberapa rutenya:

Menggunakan Mobil Pribadi

Jika kamu yang berangkat dari arah Jakarta, untuk menuju tempat wisata di Bogor ini anda bisa melewati Tol Jagorawi dan keluar di gerbang Ciawi.

Setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan menuju arah Cisarua melewati Puncak sampai lokasi Taman Safari.  Jalur ini pada saat wiken luar biasa padat. Jadi harus bersabar.

Pilihannya, berangkat pagi-pagi sekali pada saat belum banyak kendaraan.

Menggunakan Kendaraan Umum

Bagi yang berangkat dari arah Jakarta, Kamu bisa naik bus menuju Puncak Bogor.

Setelah itu kamu turun di pertigaan lokasi Taman Safari dan melanjutkan perjalanan dengan angkutan kota menuju gerbang Taman Safari Indonesia.

Sementara jika anda dari arah Bandung, Kamu bisa menaiki bus menuju Jakarta yang melewati Puncak Bogor, dan turun di pertigaan juga.

Untuk memudahkan Kamu bisa mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi Google Map sebagai berikut:

 

Menginap di Puncak

Selain kedua cara tadi, ada pilihan lain yang lebih praktis apabila kamu memiliki budget lebih.  Yaitu dengan menginap di hotel dekat Taman Safari Bogor.

Dengan menginap, kamu tidak akan terkena risiko macet dan tidak harus berangkat pagi-pagi banget.  Banyak kok hotel-hotel murah dan bagus di dekat sana.  Coba cek di Agoda.

Singa di Taman Safari Bogor

Singa di Taman Safari Bogor

Sejarah Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor dibangun pada tahun 1980 di atas sebuah lahan perkebunan kina yang sudah tidak produktif seluas 5o hektar.

Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada saat itu kemudian menetapkannya sebagai Objek Wisata Nasional.

Pada tahun 1990, obyek wisata ini diresmikan sebagai Pusat Penangkaran Satwa Langka oleh Menteri Kehutanan, Hasyrul Harahap.

Saat ini luas Taman Safari Bogor bertambah hinga mencapai 168 hektar yang dilengkapi dengan berbagai wahana edukasi dan rekreasi yang memanjakan pengunjung.

Ada Apa Saja di Taman Safari Bogor

Gajah Tunggang di Taman Safari Bogor

Gajah Tunggang di Taman Safari Bogor

Hal yang menjadi salah satu daya tarik dari Taman Safari Bogor adalah suguhan wisata faunanya. Kawasannya yang dipenuhi aneka pohononan yang rindang siap memanjakan para wisatawan yang berkunjung.

Tidak hanya menyajikan kesejukan alam pegunungan, di sini juga disediakan berbagai hiburan yang menarik, termasuk sarana untuk belajar bagi para siswa.

Saat ini, TSI memiliki sekitar 2500 koleksi satwa yang berasal dari seluruh duina.  Beberapa satwa langka yang menjadi koleksi antara lain: harimau benggala, singa, gajah, orang utan, jerapah, komodo dan anoa.

Para pengunjung diajak untuk berkeliling Taman dengan mengendarai kendaraan sambil sesekali berhenti di setiap area kandang satwa, dan memberi makan langsung satwa-satwa tersebut atau sekedar mengelus atau menyentuhnya.

Taman Safari Bogor juga dilengkapi dengan berbagai wahana rekreasi dan fasilitas seperti bus safari, danau buatan, kano dan sepeda air serta kolam renang dengan seluncur ombak.

Juga ada mini train yang melintasi perkampungan ala Afrika, kincir raksasa, komedi putar, pentas sirkus, gajah tunggang, taman burung, baby zoo, gocart dan bom bom car, atraksi hewan, rumah setan, kesenian tradisional serta sulap di panggung terbuka.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Taman Safari Bogor

Taman Burung di Taman Safari Bogor

Taman Burung

Taman Safari Bogor memiliki aneka macam wahana yang seru. Suasana hutan yang rimbun membuat obyek wisata ini teduh dan sejuk, cocok untuk melepas penat di akhir pekan.

Nah berikut beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan di Taman Safari Bogor:

Wisata Safari

Seperti namanya, wisata safari adalah tema utama Taman Safari. Melalui wisata ini Kamu bisa merasakan sensasi berjumpa langsung dengan binatang-binatang liar dari dalam mobil.

Saat mulai memasuki area binatang buas, Kamu mungkin akan sedikit deg-degan karena bertemu harimau, singa dan beruang yang tidak dikandang.

Tetapi tenang saja. Asal tidak melakukan hal-hal yang dilarang, Kamu tetap aman kok.

Berbagai wahana permainan

Keluar dari rute wisata safari, kamu akan menemui sebuah area wahana permainan.

Ada sejumlah wahana permainan yang dapat kamu coba. Berbagai permainan bermesin seperti Jet Coaster, Mini Kora-Kora dan Spinning Boart bisa kamu coba dengan membayar karcis sebesar Rp 10.000.

Safari Water Park

Tidak hanya seru untuk berjalan-jalan dan menikmati suasana hutan yang alami, kamu juga bisa menikmati serunya berenang dan bermain air di Safari Water Park.

Di kolam renang ini uniknya terdapat sebuah sekat yang memisahkan kolam renang dengan kolam buaya sehingga kamu bisa merasakan sensasi seakan-akan berenang bersama buaya.

Berenang di Taman Safari Bogor

Safari Water Park

Aneka pertunjukan

Ada beragam atraksi mengagumkan dari binatang-binatang yang telah dilatih oleh pawangnya, seperti Lumba-lumba, Harimau, Sirkus, Gajah, Singa laut hingga Koboi.

Semua atraksi ini mengandung pesan agar manusia tidak menyebabkan kerusakan lingkungan yang dapat merugikan kehidupan mereka dan juga para binatang.

Disini, dengan biaya Rp 10.000 kamu juga bisa berfoto dengan seekor harimau putih yang telah jinak.

Baby Zoo

Sesuai dengan namanya, tempat ini memamerkan anak-anak berbagai macam binatang.

Anak-anak dapat mencoba menunggang seekor kuda poni yang lucu dan mungil, berfoto dengan aneka jenis binatang dan melihat bermacam burung dalam Bird Aviary.

Safari Night

Jika kegiatan wisata safari dilakukan di siang hari, maka Safari Night dilakukan di malam hari.  Aktivitas safari night dimulai sekitar pukul 7 malam di akhir pekan.

Dalam trip singkat ini, kamu bisa menjumpai kehidupan malam dari para binatang buas, termasuk juga para hewan nocturnal.

Selain yang sudah disebutkan di atas masih banyak kegiatan menarik yang lainnya, seperti melihat koleksi penguin, mengunjungi Air Terjun Jaksa hingga Safari Trek.

Istana Panda

Ini adalah wahana baru, yaitu Taman Safari Panda atau resminya bernama Istana Panda.   Wahana ini dibuka pada Nopember 2017 lalu dengan kedaangan dua ekor panda lucu dari Tiongkok bernama  Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina).

Taman Safari Bogor

Taman Safari Panda

Rumah Pohon Taman Safari

Taman Safari juga ternyata menyediakan penginapan.  Ada beberapa pilihan akomodasi, yaitu Safari Lodge (bentuknya seperti hotel biasa), Taman Safari Caravan, Rumah Pohon Taman Safari, Bungalow dan Villa Hijau.

Fasilitas yang Ada di Taman Safari Bogor

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung pihak Taman Safari menyediakan berbagai macam fasilitas pendukung seperti tempat parkir yang luas, toilet dan tempat duduk.

Juga tempat ibadah berupa mushola, pusat informasi dan tempat makan. Ada pula fasilitas berupa jalur tracking yang bisa di gunakan untuk berjalan menyusuri keindahan alam di sana.

Jam Buka Taman Safari Bogor

Untuk Taman Safari siang hari atau Safari Day, obyek wisata ini buka dari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore hari.

Khusus Safari Night diadakan setiap hari Sabtu, mulai pada pukul setengah 7 malam sampai pukul 9 malam.

Harimau Benggala Taman Safari Bogor

Harimau Benggala

Harga Tiket Taman Safari Bogor

Secara umum harga tiket masuk Taman Safari Bogor dibedakan menjadi 2 macam, yaitu harga tiket masuk Safari Day dan Safari Night.

Untuk Safari Day, pengunjung dewasa dikenakan tiket Rp195 ribu weekday dan Rp230 ribu untuk weekend. Sementara anak balita warga lokal dikenai tiket Rp 170 ribu pada weekday dan Rp210 ribu pada weekend.

Sementara untuk turis lokal harganya Rp400 ribu untuk dewasa dan Rp350 ribu untuk balita.

Safari Night merupakan paket istimewa yang menyajikan sensasi berkendara di alam liar pada malam hari. Harga tiketnya untuk dewasa maupun balita sama dengan harga tiket Safari Day.

Bagi kamu pengguna kartu kredit kadang ada promo Taman Safari dengan kartu kredit.

Rumah Pohon Taman Safari Bogor

Rumah Pohon

Tips Berwisata ke Taman Safari Bogor

Agar kegiatan wisata anda menjadi lancar ada baiknya memperhatikan tips-tips berikut ini:

  • Berangkatlah pagi-pagi sekali, karena TSI berada di kawasan Puncak yang terkenal macet. Dengan berangkat lebih pagi Kamu bisa menghindari kemacetan.
  • Bawa perbekalan yang cukup. Harga makanan di tempat wisata biasanya lebih mahal dari harga normalnya jadi untuk menghemat budget lebih baik membawa bekal.
  • Jika pergi membawa balita, jangan lupa memberikan pengawasan yang ekstra agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Tetap ikuti aturan yang berlaku.

Bagaimana sudah siap untuk berwisata ke Taman Safari Bogor? Sekian dulu ulasan mengenai ulasan wisata di Bogor ini. Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang ya!

Kontak Taman Safari

Bila ingin update dengan Taman Safari, kamu bisa memfolow akun sosial medianya di:

Berikan penilaian Anda!