15 Tempat Wisata Majalengka Paling Hits Bernuansa Alam 4/5 (1)

Majalengka adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Di kabupaten ini terdapat berbagai macam tujuan wisata yang bisa anda kunjungi baik yang bertema alam, budaya maupun rekreasi keluarga.

Berikut ini kami tuliskan 15 destinasi wisata Majalengka paling hits bertema alam yang bisa di-eksplore.  Yuk bahas!

Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya Majalengka

Curug Muara Jaya Majalengka

Curug Muara Jaya berada di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura. Dari kota Majalengka, jarak yang perlu ditempuh untuk menuju curug ini sekitar 20 kilo meter.

Objek Wisata Curug Muara Jaya menawarkan keindahan alam dengan pemandangan air terjun setinggi 73 m yang terdiri dalam tiga umpak.

Hawa yang sejuk dengan hamparan sayur mayur serta pohon kesemek juga jadi daya tarik untuk peminat wisata alam.

Lokasi ini adalah jalur alternatif pendakian ke puncak Gunung Ciremai. Selain itu di lokasi ini pada tiap-tiap tahunnya digelar upacara pareresan yang dikerjakan sesudah panen raya.

Selanjutnya mengenai curug Muara Jaya bisa dibaca di artikel berjudul Curug Murajaya, Lokasi, Rute & Tiket Masuk.

Curug Sawer

Curug Sawer

Curug Sawer

Curug Sawer berada di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura. Curug ini berjarak sekitar 21 kilo meter dari pusat kota Majalengka.

Destinasi ini berada di lokasi yang masih tersembunyi, sehingga masih belum banyak orang yang berkunjung ke tempat ini.

Curug ini memiliki keunikan karena jumlahnya ada 5 buah.  Disini kamu akan dimanjakan dengan suasana hutan yang masih alami.

Selanjutnya mengenai Curug Sawer bisa dibaca pada postingan Curug Sawer Majalengka Yang Eksotis dan Menawan.

Baca juga:

Air Terjun Cibali

Wisata Majalengka

Air Terjun Cibali

Objek serta daya tarik wisata ini terletak di Desa Cikondang Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka. Jaraknya sekitar 39 km dari pusat kota Majalengka.

Sebagaimana obyek wisata alam lainnya, wisata Majalengka ini menawarkan keindahan alam dan suasana yang masih alami.

Meski belum terkelola dengan baik, tempat ini banyak dikunjungi anak-anak muda yang senang berpetualang untuk berfoto dan mengaplodnya di instagram.

Untuk akses menuju tempat itu kurang baik serta angkutan umum yang menuju ke obyek wisata ini belum ada. Sedang sarana di tempat wisata ini belum dibangun.

Curug Cilutung

Curug Cilutung Majalengka

Curug Cilutung Majalengka

Curug Cilutung terdapat di Desa Campaga Kecamatan Talaga. Jarak tempuh dari kota Majalengka sekitar 28 kilometer.

Curug ini dikenal juga dengan berbagai nama, yaitu Curug Emas, Curug Ciranca dan Curug Campaga. Merupakan obyek wisata keluarga yang murah-meriah.

Daya tarik obyek wisata ini adalah bebatuan uniknya yang terdapat mulai dari lokasi curug sampai ke sungai. Cocok untuk spot selfie.

Akses menuju tempat itu telah cukup baik meski belum dilewati angkutan umum.

Selanjutnya mengenai obyek wisata ini bisa dibaca pada postingan kami berjudul: Curug Cilutung, Destinasi Wisata Murah Meriah Warga Talaga.

Curug Tonjong

Wisata Majalengka

Curug Tonjong

Curug Tonjong berada di Desa Teja kecamatan Rajagaluh. Jarak Curug Tonjong dari Kota Majalengka sekitar 20 km.

Curug Tonjong menawarkan keindahan alam yang asri dan alami berbentuk aliran sungai dengan air terjun yang cukup deras meskipun tak terlampau tinggi ditambah dengan batu-batuan besar yang ada disepanjang aliran sungai.

Kekhasan dari tempat wisata ini yaitu jembatan bambu sehingga pengunjung bisa nikmati keindahan tempat ini saat melewatinya hingga ke puncak curug.

Di puncaknya ada pelataran juga sebagai tempat beristirahat.

Situ Sangiang (Makam Sunan Parung)

15 Tempat Wisata Majalengka Paling Hits Bernuansa Alam 1

Situ Sangiang terdapat di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka.  Dari kota Majalengka tempat ini ditempuh dengan jarak 27 kilometer

Luas keseluruhnya tempat wisata ini cukup luas, yaitu sekitar 107 Ha.  Sementara situnya sendiri seluas 19, 7 hektar.  Tempat wisata ini dikelola oleh TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai) serta KOMPEPAR (grup penggerak pariwisata).

Sebagai obyek wisata, Situ Sangiang menyuguhkan keindahan pemandangan alam dan suasana danau yang tenang.

Keiistimewan obyek wisata ini adalah latar belakang sejarahnya.  Di tempat ini terdapat makam kramat Sunan Parung yang banyak diziarahi pengunjung.

Di dalam situ konon hidup ikan mas serta ikan lele yang menurut orang-orang setempat diakui juga sebagai penjelmaan prajurit Talaga Manggung.

Sembari menikmati keindahan pemandangan Situ Sangiang, pengunjung bisa berkeliling dengan jalan setapak melihat pepohonan yang berusia ratusan tahun serta beberapa satwa liar seperti kera dan lutung.

Akses menuju tempat wisata ini cukup baik. Jalan menuju tempat wisata sudah diaspal dengan kondisinya lebar cukup untuk mobil dua arah.

Namun agak masuk ke dalam, keadaan jalan mulai rusak serta tak ada angkutan umum yang menuju ke sana. Secara lengkap mengenai Situ Sangiang bisa dibaca postingan kami berjudul: Situ Sangiang Majalengka, Danau Indah dan Bersejarah.

Situ Janawi

Situ Janawi wisata Majalengka

Situ Janawi

Situ Janawi adalah nama sebuah danau kecil yang terletak di Desa Payung Kecamatan Rajagaluh. Dari pusat kota Majalengka, obyek wisata Majalengka ini bisa dicapai dengan jarak tempuh sekitar 25 kilo meter.

Situ ini yang mempunyai luas sebesar 1 hektar ini dikelilingi oleh pemukiman, kecuali di sebelah selatan. Pengelolaanya dilakukan oleh Madrasah Diniyah Awaliah.

Situ ini mempunyai kekhasan, yaitu adanya daratan kecil di tengah situ serta ada sumber mata air yang konon bisa mengobati penyakit.

Sumber mata air tersebut dinamakan Janawi.  Konon berasal dari kata Janavhi, yang merupakan tempat suci kerajaan Rajagaluh.

Akses menuju situ ini telah cukup baik dengan keadaan jalan yang telah diaspal. Namun belum ada angkutan umum yang menuju ke sana.

Peta menuju Situ Janawi bisa dibuka melalui link ini.

Talaga Herang

wisata majalengka

Talaga Herang Majalengka

Talaga Herang adalah sebuah danau kecil yang terletak di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka.  Tempat wisata ini berjarak sekitar 23 kilometer dari pusat Kota Majalengka.

Sumber air situ ini berasal dari sungai bawah tanah yang berasal dari gunung Ciremai. Luasnya sekitar 3 hektar.

Dalam bahasa Indonesia, Talaga Herang, berarti danau yang jernih.  Seperti namanya, telaga ini memiliki air yang sangat bening sehingga pengunjung bisa melihat ke dasar telaga.

Ikan-ikan yang hidup di dalam telaga bisa terlihat jelas.  Pengunjung dilarang mengambil ikan-ikan tersebut.

Selain airnya yang jernih, telaga ini menawarkan daya tarik pemandangan dan suasana yang menenangkan.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di wisata Majalengka ini adalah bermain air, berkeliling danau dengan becak air dan berenang.

Peta menuju Talaga Herang bisa diakses di sini.

Situ Cipanten Majalengka

Situ Cipanten wisata Majalengka

Situ Cipanten Majalengka

Situ Cipanten terdapat di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang.  Jarak dari pusat kota menuju tempat wisata ini sekitar 15 km. Saat ini pengelolaanya dilakukan oleh KOMPEPAR.

Situ yang diresmikan pada tahun 1973 ini mempunyai luas sekitar 1 hektar dan memiliki 3 fungsi, yaitu pengairan, perikanan, serta pariwisata. Airnya konon berasal dari tujuh mata air yang tak pernah kering meskipun kemarau.

Sebagai sumber irigasi, situ ini memiliki daya tampung sebesar 30.000 meter kubik dengan debit sebesar 0,350 liter per detik dan dapat mengairi sawah seluas 600 Ha.

Sebagai obyek wisata, situ ini menyuguhkan panorama situ yang menawan. Pengunjung bisa menikmati kesejukan hawa sekitar danau dengan suasana yang tenang.

Meskipun dibuka sejak lama, popularitas wisata Majalengka ini meningkat berkat sosial media, khususnya instagram.  Banyaknya spot-spot instagramable yang berada di sekitar situ menyebabkan pengunjung terus meningkat.

Pengelolanya juga sudah membangun beberapa spot-spot selfi yang menarik, seperti minatiur kapal laut dan ayunan. Di situ ini, pengunjung juga bisa berenang.  Peta menuju Situ Cipanten bisa di akses di sini.

Situ Batu Malausma

Situ Batu Malausma Wisata Majalengka

Situ Batu Malausma

Situ Batu terdapat di Desa Malausma, Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka.  Destinasi ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 46 km dari pusat Kota Majalengka.

Luas keseluruhnya situ ini hanya sekitar 500 meter persegi. Situ Batu adalah tempat wisata alami serta terdapat sumber mata air di sana.

Belum dilakukan pengelolaan serius terhadap obyek wisata Majalengka ini.

Akses menuju tempat itu juga belum baik.  Jalan menuju tempat tempat wisata masih berupa jalan batu atau jalan tanah. Juga belum ada angkutan umum yang menuju tempat itu.

Situ Cikuda

Situ Cikuda Majalengka Wisata Majalengka

Situ Cikuda Majalengka

Tempat wisata Situ Cikuda ada di Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka.  Dari pusat kita, bisa ditempuh dengan jarak sekitar 25 Km.

Tempat wisata Majalengka ini dikelola oleh Karang Taruna Desa Padaherang. Daya tariknya berupa pemandangan sekitar situ dan suasananya yang tenang.

Bagi penyuka fotografi, banyak spot yang bisa dieksplore di sini.  Danau yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini juga kerap digunakan sebagai tempat pemancingan ikan.

Akses menuju ke tempat itu relatif baik dengan keadaan jalan beraspal namun disebagian lokasi ada jalan yang rusak. Peta menuju lokasi Situ Cikuda bisa diakses di sini.

Gunung Tilu

Gunung Tilu Majalengka

Gunung Tilu Majalengka

Gunung Batu Tilu terdapat di Desa Jatimulya Kecamatan Kasokandel dengan jarak tempuh sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Majalengka.

Nama sebenarnya adalah gunung Tempuh. Meskipun dinamakan gunung, tempat ini sebenarnya hanyalah bukit.  Disebut gunung Tilu karena terdapat tiga bukit yang berjajar di sana.

Bukit pertama ditumbuhi pepohonan yang rindang. Bukit kedua terdiri dari tanah dan batuan.  Dan bukit ketiga berupa batuan yang besar.

Obyek wisata ini populer berkat sosial media.  Banyak anak muda sengaja mendaki bukit itu untuk berfoto.

Sayang, akses menuju tempat itu belum baik. Juga belum ada angkutan umum untuk menuju tempat itu. Konon masih angker.

Peta menuju wisata ini bisa diakses di sini.

Kebun Teh Cipasung

Kebun Teh Cipasung Majalengka

Kebun Teh Cipasung Majalengka

Kebun Teh Cipasung terdapat di Desa Cipasung Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka.  Obyek wisata ini memiliki luas sekitar 58 Ha dan dikelola oleh Koperasi Buana Mukti.  Dari usat Kota Majalengka, jaraknya sekitar 52 kilometer.

Lokasinya yang berada di lereng Timur Gunung Cakrabuana, menjadikan tempat ini memiliki panorama yang indah.  Hijaunya tanaman teh terhampar dipadu dengan udara yang sejuk dan suasana yang menenangkan.

Sayangnya akses menuju tempat wisata itu belum cukup baik serta belum ada angkutan umum yang menuju tempat itu. Pengunjung yang datang kelokasi tempat wisata ini pada hari libur cukup banyak.

Lebih lengkap mengenai obyek wisata ini bisa dibaca pada postingan kami berjudul Menikmati Wisata Kebun Teh Cipasung Majalengka.

Pendakian Gunung Ciremai

Wisata Majalengka

Pendakian Gunung Ciremai Via Majalengka (jalur Apuy) Gambar: infopendaki.com

Bila selama ini Anda tahu Gunung Ciremai hanya berada di Kuningan, berarti Anda salah. Gunung  ini secara administratif masuk ke dalam wilayah tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan serta Kabupaten Majalengka.

Nah, dari Majalengka Anda bisa juga melakukan pendakian Gunung Ciremai. Yaitu melalui jalur yang terkenal dengan nama Jalur Apuy.

Jalur ini disebut-sebut sebagai jalur tersantai untuk mencapai Puncak Gunung Ciremai.  Secara lengkap artikel mengenai jalur pendakian Gunung Ciremai bisa dibaca di artikel kami 4 Jalur Pendakian Gunung Ciremai.

Pemandangan Cikebo

Pemandangan Cikebo

Pemandangan Cikebo

Pemandangan Cikebo berada di Desa Tegal Sari Kecamatan Maja. Destinasi ini berjarak sekitar 14 kilo meter dari pusat Kota Majalengka.

Seperti namanya, daya tarik tempat ini adalah panoramanya yang indah dan udaranya sejuk. Di sini Anda dapat beristirahat sambil menikmati indahnya pemandangan alam sekitar. Cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Pepohonan yang rindang yang tumbuh di sekitar obyek wisata ini menambah suasana menenangkan. Selain melihat pemandangan, Anda juga bisa memesan jagung bakar di warung-warung yang ada di sana.

Wisata Majalengka ini biasanya ramai pada akhir pekan. Akses untuk menuju ini juga cukup baik lantaran berada di tepi jalan serta dilewati oleh angkutan umum. Peta menuju Pemandangan Cikebo bisa diakses di sini.

Berikan penilaian Anda!